Ilustrasi Tabungan Deposito

Mengenal Deposito dan Perbedaan dengan Tabungan Biasa

Bagi nasabah bank pastinya sudah sering mendengar tabungan deposito. Baik tabungan dan deposito adalah dua jenis simpanan yang ada di bank. Tabungan dan deposito jelas berbeda. Apakah anda tahu apa perbedaan simpanan dalam jenis tabungan dan deposito?

Mengenal Deposito 

Untuk jenis simpanan tabungan tentunya sudah banyak diketahui oleh banyak orang, dan bisa dibilang sangat familiar. Tapi untuk istilah deposito biasanya memang kerap didengar tapi banyak juga yang belum paham betul dengan deposito. 

Jadi deposit sendiri adalah jenis simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan dalam waktu tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula. Deposito pun menjadi produk investasi yang nantinya akan dikembalikan lebih tinggi dari pada tabungan, tapi seperti yang sudah dijelaskan jika pencariannya harus sesuai waktu yang ditentukan. 

Dari pengertian di atas, maka anda pun sudah dapat mengetahui perbedaan antara tabungan dengan deposito. Nah, agar makin paham tentang perbedaan tabungan deposito, bisa langsung saja ke ulasan berikut ini. 

Perbedaan Tabungan dengan Deposito 

Agar bisa memilih produk mana yang akan dijadikan simpanan yang tepat, maka anda tentunya harus mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Nah, berikut ini lah beberapa perbedaan yang antara tabungan dengan deposito. 

Waktu Pencairan 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika deposit tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu. Jadi bisa dibilang jika simpanan dalam bentuk tabungan biasa jauh lebih fleksibel waktu pencairannya dibandingkan dengan deposito. 

Jika tabungan bisa dicairkan atau diambil kapanpun baik melalui mesin ATM, maka deposito hanya dapat diambil saat jatuh tempo. Kapan jatuh tempo dari deposito? Jatuh tempo simpanan ini beragam, ada yang 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan bahkan setahun atau 12 bulan. Waktu jatuh tempo pun bisa diperpanjang otomatis. 

Lalu apakah yang akan terjadi jika mengambil deposito sebelum waktunya? Biasanya jika anda mengambil deposito sebelum waktu yang ditentukan, maka anda akan dikenakan biaya atau denda. 

Bunga

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi bunga. Nah, untuk deposito ini memang memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan simpanan tabungan biasa.

Tapi perlu diketahui juga jika penawaran bunga deposito di berbagai bank jelas berbeda-beda. Jadi tidak bisa disamakan antara satu bank dengan bank yang lainnya dalam penawaran bunga deposito. 

Menabung vs Investasi 

Karena memiliki bunga dan memiliki waktu pengambilan yang sudah ditentukan, maka bisa dibilang juga jika deposito adalah sebuah produk investasi. Ini jelas berbeda dengan tabungan biasa. 

Dengan demikian, deposito bisa dikategorikan dalam instrumen investasi seperti saham, reksa dana, obligasi, forex, properti, dan bahkan investasi emas.

Itulah beberapa perbedaan tabungan deposito dan tabungan biasa. Setelah mengerti perbedaannya, setidaknya anda bisa menentukan pengguna produk yang mana sesuai dengan kebutuhan anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *