Ada Harga Genset Murah? Cermati Dulu 5 Hal Berikut

Keberadaan sebuah genset kala terjadi mati listrik seolah menjadi penenang bagi pemiliknya. Tak ayal, banyak masyarakat berlomba-lomba untuk membeli pembangkit listrik mini tersebut untuk dipasang di area rumah. Hal ini pun membuat banyaknya harga genset murah yang beredar di pasaran. 

Meski demikian, harga genset murah pun tentu harus sebanding dengan kualitas yang dimilikinya. Agar tidak salah, berikut merupakan beberapa tips dalam memilih genset berharga murah yang baik, diantaranya :

  1. Pastikan kebutuhan daya listrik

Sebelum mencari genset murah untuk rumah, sebaiknya anda pastikan dulu kapasitas daya listrik di rumah anda. Sebab, belum tentu produk genset yang anda dapatkan cocok dengan kapasitas listrik yang ada. 

Untuk melakukannya, anda bisa menghitung daya listrik dari keseluruhan produk elektronik yang terdapat di rumah, dari mulai produk berdaya listrik kecil seperti lampu dan kipas angin, hingga produk berdaya listrik besar seperti lemari es dan mesin cuci.

  1. Perhatikan pemasangan

Sebuah genset tidak bisa dipasang sembarangan. Selain harus memiliki rangka dan grounding area yang baik, generator set juga perlu terlindungi dari air hujan dan sinar matahari langsung. Hal ini penting demi keamanan pengguna dan masa pakai genset itu sendiri. 

Karenanya, saat menemukan sebuah produk murah, pastikan juga bahwa harga genset murah tersebut sudah disertai dengan jasa pemasangan. Akan sangat merugikan bila anda membeli produk genset murah, namun perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pemasangan. 

  1. Ketahui jenis bahan bakar yang digunakan

Umumnya, genset skala rumahan menggunakan bahan bakar berupa gas atau minyak solar. Tergantung dari ketersediaan bahan bakar di tempat anda, pastikan untuk membeli genset dengan bahan bakar yang mudah didapat.

Anda juga harus memastikan agar genset tidak kehabisan bahan bakar saat bekerja. Sebab, hal tersebut dapat membuat mesin genset kering dan cepat rusak. Pastikan untuk selalu memiliki cadangan bahan bakar yang memadai. 

  1. Cermati kondisi genset

Saat ini ada banyak sekali harga genset murah dibawah 1 juta yang bisa anda dapatkan dengan mudah, dengan produk berupa genset second. Meski demikian, anda perlu mencermati kondisi produk yang dijual tersebut, apakah masih layak pakai atau tidak. 

Komponen genset adalah hal utama yang harus menjadi perhatian. Pastikan komponen-komponen seperti aki, control panel, mesin, dan alternator berfungsi tanpa kendala. Akan lebih baik jika anda memiliki pengetahuan tentang berbagai komponen tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli genset. 

  1. Ada Garansi

Tak dapat dipungkiri bahwa harga seringkali berbanding lurus dengan kualitas. Akan lebih bijak jika anda memilih produk dengan harga lebih tinggi, namun memiliki kualitas yang jauh lebih mumpuni ketimbang barang murah yang tidak jelas mutunya.

Bilapun anda memilih untuk membeli genset murah, pastikan bahwa penjual memiliki garansi atas produk yang ditawarkannya. Dengan begitu, anda tidak akan dirugikan jika sewaktu-waktu genset mengalami kerusakan dalam masa garansi. 

Harga genset murah tentu akan sangat menggiurkan bagi anda. Dan jika ditambah dengan berbagai tips diatas, tentunya anda berpeluang mendapatkan produk genset yang lebih baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *