mengelola bisnis e-commerce dengan ecommerce management

Apa Itu Ecommerce Management

Bagi Anda yang akan berkecimpung dalam bisnis E-Commerce, mengenal apa itu ecommerce management atau manajemen ecommerce tentunya penting. Berikut ini adalah beberapa pandangan tentang manajemen ecommerce itu sendiri.

Berdasarkan pandangan holistik

Apabila dilihat dari sudut pandang holistik, ecommerce management sendiri adalah sebuah praktik mengelola bisnis online, dengan tujuan, memperoleh kualitas produk, mampu mengakuisisi pelanggan dan juga retensi para pelanggan.

Sedangkan fungsi utamanya sendiri adalah mampu mengidentifikasi brand e-commerce yang Anda miliki mencapai tujuan. Tentu saja hal-hal seperti ini tidak lepas dari pengelolaan tim atau para stakeholder dalam memasarkan produk tersebut.   

Berdasarkan produk

Jika berdasarkan produk, maka manajemen e-commerce lebih pada membantu memilih produk, serta mengembangkannya secara khusus di web. Dalam hal ini tim managerial juga akan membantu menyusun strategi penetapan harga, dengan melibatkan beberapa orang dari pihak tim pembelian dan juga tim pencari data.

Walaupun sebenarnya tim yang satu ini, tidak terlalu perlu mengetahui seluk beluk logistik. Namun tim tersebut hanya perlu bantu memastikan bahwa produk sampai dengan cepat dari gudang ke konsumen, dan pastinya dengan biaya yang murah.  

Berdasarkan sisi managerial  

Dilihat dari sisi manajerial, manajemen ecommerce ini sendiri lebih pada mengurus semua kebutuhan promosi produk atau juga jasa secara menyeluruh.

Dimana pihak manajemen ecommerce ini akan terlibat dalam proses peluncuran dan juga menjalankan situs web bisnis itu sendiri. pastinya pihak managerial tersebut harus mengerti benar serta mampu mengelola semua hal yang berhubungan dengan ecommerce dengan baik. Yang dimaksud disini adalah yang berhubungan dengan bidang IT, sistem pemasaran, pengembangan situs website, termasuk mempromosikan e commerce bisnis itu sendiri.

Tentunya menciptakan dan mengelola bisnis ecommerce memang bukan hal mudah. Seseorang atau dalam hal ini Anda harus mengerti dan mempunyai informasi yang tepat, dalam mengelola bisnis tersebut. Sedangkan dengan adanya ecommerce management seperti ini, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk mengelola bisnis ecommerce tersebut. Hasilnya bisnis e commerce Anda akan semakin baik, dan membuat produk Anda mudah dikenal dan digunakan oleh banyak orang.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *