hp yang digunakan untuk chatbot

Manfaat Conversational commerce Bagi Sebuah Brand Dan Pelanggan

conversational commerce merupakan suatu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang, kegiatan bertanya kepada penjual akan suatu produk kepada penjual secara online atau lewat live chat.

Hal tersebut memiliki banyak manfaat bagi kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli. Salah satunya adalah memberikan rasa nyaman bagi pembeli yang merasa kebingungan akan deskripsi suatu produk yang dijual.

Oleh karena itu, dengan adanya conversational commerce ini, penjual akan dengan mudah memberikan penjelasan lebih mendetail akan spesifikasi suatu produk kepada calon pembeli, sehingga keterikatan antara penjual dan pembeli akan terjalin.

Adapun sedikit penjelasan dari beberapa manfaat conversational commerce bagi brand atau penjual dan untuk calon pembeli.

  1. Membangun Kedekatan Antara Brand Dengan Pelanggan

Kemudahan interaksi antara brand dan pelanggan menjadi tujuan dari adanya conversational commerce ini, sehingga tidak hanya memudahkan pelanggan dalam menemukan barang yang cocok dengan yang diinginkan.

Dengan adanya live chat ini, hubungan antara penjual dan pembeli akan meningkat seiring dengan pahamnya pembeli akan suatu produk, atau saat penjual mampu memberikan penjelasan akan suatu produk dengan baik.

Respon cepat dari penjual tentu saja akan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan yang akan membeli produk dari mereka, jika respon dari penjual lambat, tentu saja pembeli akan berpindah ke brand yang lain.

Respon yang cepat dari penjual juga akan meningkatkan kepuasan dari para pembeli, dan dengan naiknya tingkat kepuasan pelanggan, sebuah brand pun akan mengalami peningkatan penjualan.

  1. Hemat Waktu

Seorang pelanggan akan sangat dimudahkan saat penjual atau brand sudah menyediakan live chat, meskipun kita semua tahu, sebagian besar brand yang menyediakan live chat menggunakan robot untuk mengelola chat dari pembeli.

Meskipun demikian, pelanggan akan lebih senang menggunakan live chat yang tersedia daripada harus mengirimkan email kepada brand.

Dengan adanya live chat, pertanyaan yang dilontarkan oleh pembeli akan langsung direspon oleh brand meskipun itu adalah robot. Hal ini bisa dikatakan lebih menghemat waktu daripada mengirimkan email kepada penjual, karena email pasti akan tertimbun oleh email yang lainnya.

Dengan penggunaan robot chat tersebut akan sangat membantu penjual dalam menjawab pertanyaan dari para pembeli, karena dengan digunakannya robot chat, pertanyaan dari pelanggan akan dijawab langsung selama 24 jam.

  1. Penawaran Bantuan

Dengan menggunakan conversational commerce, para penjual dapat memberikan pelayanan yang lebih personal kepada pembeli.

Sebagai contoh, jika ada calon pembeli yang membutuhkan rekomendasi suatu produk, pelanggan tersebut cukup menuliskan keinginannya pada kolom live chat, kemudian pada kolom chat akan muncul rekomendasi dari katalog brand tersebut.

Begitu pula jika pelanggan menanyakan ketersediaan barang, hal tersebut bisa dijawab langsung oleh robot yang bertugas mengelola live chat toko tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *