Ilustrasi whatsapp

4 Langkah Mudah Membuat API WhatsApp Business

Pemilik usaha tentu membutuhkan salah satu sarana komunikasi dengan pelanggan dalam skala besar. API WhatsApp business adalah salah satu media yang dapat Anda gunakan untuk mewujudkan keinginan Anda dalam mengembangkan sebuah bisnis. 

Apa Itu API WhatsApp Business?

Sebelum berbicara lebih jauh sebaiknya Anda berkenalan dulu dengan produk API WhatsApp business. WhatsApp Business API merupakan sebuah produk paling baru dari aplikasi berbagai pesan WhatsApp. Produk ini telah didesain dengan sedemikian rupa sehingga memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk berkomunikasi dengan para pelanggan Anda. 

Sistem yang digunakan adalah sistem API atau Application Programming Interface dimana dapat menghubungkan aplikasi pesan WhatsApp dengan aplikasi lainnya yang Anda gunakan untuk berbisnis. 

Aplikasi WhatsApp API ini cukup berbeda dengan aplikasi WhatsApp bisnis yang biasa. API WhatsApp sudah terintegrasi dengan alur kerja bisnis seperti Customer Relationship Management atau CRM. 

Cara Membuat API WhatsApp Business

Cara membuat API WhatsApp Business memang tidak semudah ketika Anda menginginkan penggunaan aplikasi WhatsApp Business biasa atau versi terdahulu. Aplikasi API WhatsApp Business ini tidak tersedia pada Playstore atau juga Appstore.  Anda harus menghubungi salah satu partner resmi untuk aplikasi API WhatsApp yang ada di Indonesia. Langkah untuk membuat API WhatsApp adalah sebagai berikut:

  1. Hubungi Mitra API WhatsApp Resmi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi salah satu mitra resmi API WhatsApp. Silakan cari salah satu partner resmi yang terbaik di Indonesia untuk mendapatkan API WhatsApp. 

  1. Verifikasi Akun

Setelah menghubungi partner resmi, langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah melakukan verifikasi terhadap akun Facebook Business Manager Anda. Verifikasi diperlukan untuk validasi akan kebenaran identitas perusahaan Anda. Data yang diminta adalah berupa:

  • Nama Perusahaan atau bisnis
  • URL website bisnis
  • Industri bisnis
  • Daerah operasional bisnis
  • ID Facebook Business Manager
  1. Aktivasi Nomor

Langkah ketiga adalah anda dipersilahkan untuk lampirkan nomor telepon aktif  yang nantinya akan digunakan untuk bisnis. Saat menentukan nomor yang akan digunakan, sebaiknya Anda memikirkan dengan masak karena nomor tidak dapat diganti lagi. 

  1. Gunakan API WhatsApp

Setelah melalui semua langkah tadi, kini Anda sudah dapat menggunakan akun API WhatsApp Anda. 

Itulah tadi cara membuat API WhatsApp. Ketika nomor Anda telah aktif, maka Anda sudah dapat langsung menggunakan API WhatsApp Business Anda. Anda juga dapat mulai mengintegrasikan API WhatsApp Anda dengan CRM. 

Menggunakan API WhatsApp business akan meningkatkan pengalaman positif pada pelanggan Anda serta bisnis Anda. Penjualan akan sangat terpengaruh jika Anda menggunakan akun bisnis. Menariknya lagi pada kontak akun bisnis Anda akan terdapat centang hijau yang menandakan akun Anda terverifikasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *