Ilustrasi SMA Unggulan Balikpapan

Biaya Sekolah Swasta Balikpapan Dan Cara Mempersiapkannya

Memberikan pendidikan yang terbaik merupakan impian setiap orangtua. Orangtua akan berusaha keras agar anaknya mengenyam pendidikan terbaik dan menggapai cita-citanya. Hanya saja, terkadang biaya menjadi kendala terutama untuk mereka yang ingin bersekolah di sma unggulan Balikpapan dimana harga kebutuhan tinggi.

Biaya Sekolah Balikpapan

Banyak orang beranggapan bahwa biaya sekolah Balikpapan sangat tinggi. Hal ini sangat dikaitkan dengan biaya hidup yang cukup tinggi di Balikpapan. Terlebih lagi jika melihat daftar lowongan kerja sma unggulan Balikpapan dimana gajinya cukup tinggi yang secara otomatis akan membuat orangtua berpikir bahwa biaya sekolahnya akan tinggi juga.

Namun pada dasarnya tinggi atau rendahnya biaya pendidikan tergantung dari fasilitas serta kualitas yang diberikan oleh sekolah. Sebagai orangtua Anda harus teliti dalam memilih sekolah yang terbaik untuk putra dan putri. Sebaiknya jangan memaksakan untuk masuk ke sekolah yang paling mahal namun tidak sesuai dengan penghasilan Anda. 

Sebaiknya pilih sekolah dengan biaya bulanan sekitar 10 persen dari penghasilan. Hal ini akan jauh lebih bijak bagi Anda. Namun tetap pertimbangkan kualitas dari sekolah tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi putra dan putri Anda secara bijak.

Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan

Idealnya biaya pendidikan harus sudah dipersiapkan sejak anak dalam kandungan. Saat mulai mengandung atau berencana memiliki anak, sebaiknya pikirkan dulu dimana anak Anda akan bersekolah. Pikirkan juga berapa biaya masuk untuk anak Anda mulai dari taman kanak kanak hingga perguruan tinggi.

Dari perkiraan tersebut maka Anda akan mendapatkan angka untuk masuk sekolah tiap jenjang. Silakan tuliskan setiap angka yang diperlukan lengkap dengan tahun masuknya. Lalu tambahkan dengan 10 persen setiap tahunnya. 

Dari angka tersebut maka Anda akan mendapatkan berapa biaya yang diperlukan untuk anak masuk TK misalnya 5 tahun lagi, masuk SD 6 tahun lagi dan seterusnya sesuai jenjang. Lalu pikirkan investasi apa yang sesuai untuk mencapai target Anda tersebut.

Untuk jenjang perguruan tinggi, mungkin Anda dapat memilih instrumen investasi berupa saham atau logam mulia karena masih jangka panjang. Silakan hitung berapa kebutuhan Anda dan bagi setiap bulannya berapa yang perlu diinvestasikan. 

Sedangkan untuk jangka pendek seperti masuk TK dan SD mungkin Anda dapat menginvestasikan pada RDPU atau reksadana lainnya tergantung dari jangka waktu yang Anda targetkan. And ajuga dapat berkonsultasi dengan financial planner untuk lebih yakin.

Mempersiapkan dana pendidikan tidak hanya berlaku untuk Anda yang berencana menyekolahkan anak di sma unggulan Balikpapan namun juga semua orangtua. Biaya pendidikan disertai dengan inflasi setiap tahun tentu akan terasa sangat berat. Maka, sebaiknya siapkan biaya pendidikan sejak dini bahkan sebelum anak dilahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *