Ilustrasi kehamilan

Ini Dia Tes Kesuburan Rahim Secara Medis Untuk Anda Yang Ingin Program Hamil

Tes kesuburan rahim dengan alat tes kesuburan wanita di apotik merupakan serangkaian tes yang bisa Anda jalani untuk mengetahui tingkat kesuburan saat terjadinya proses pembuahan. Hal ini umumnya dilakukan oleh pasangan suami istri, namun dalam pemeriksaan rahim dilakukan oleh wanita atau mempelai wanita saja. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan oleh calon mempelai maupun pasangan suami istri yang telah menikah dan ingin memprogram kehamilan. Berikut penjelasannya lebih lanjut:

  1. Histerosalpingografi atau HSG 

 Hysterosalpingography (HSG) merupakan pemeriksaan menggunakan sinar-x untuk mengambil gambar rahim dan saluran tuba. Prosedur ini dirancang untuk memastikan bahwa rahim dan saluran tuba  dalam kondisi normal. Selain itu, prosedur ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang dapat mengganggu pembuahan, seperti: bentuk atau ukuran rahim yang tidak normal, atau penyumbatan saluran tuba. Sehingga prosedur ini akan dilakukan oleh pihak professional dan khusus permasalahan seperti kandungan. 

  1. USG transvaginal 

 Alat tes kesuburan wanita di apotik ini dilakukan dengan cara mengambil gambar organ reproduksi dari vagina menggunakan alat USG. Serangkaian tes ini dilakukan untuk melihat kondisi rahim, saluran tuba, ovarium, leher rahim, dan vagina.  Selain ultrasonografi vagina, ultrasonografi transvaginal juga dapat digunakan untuk mendeteksi adanya perdarahan dalam kehamilan kehamilan ektopik, nyeri panggul, dan IUD. Sehingga tes ini mampu mencegah adanya resiko kehamilan atau kesuburan yang tidak terdeteksi sebelumnya.  

Prosedur ini juga berguna untuk mendiagnosis kista, keguguran, kelainan plasenta selama kehamilan, dan memastikan kehamilan dalam beberapa minggu pertama.  Tes kesuburan rahim medis ini mampu memastikan kondisi rahim para wanita atau mempelai wanita pada proses pembuahan nantinya. Sehingga pilihlah klinik atau dokter yang sudah berpengalaman di bidangnya.

  1. Histeroskopi 

 Histeroskopi adalah tes kesuburan yang dilakukan dengan cara menggunakan tabung kecil dengan kamera di ujungnya  lalu dimasukkan ke dalam rahim. Pihak medis akan menggunakan alat ini  untuk memeriksa kondisi di dalam  rahim dan mengambil sampel jaringan sesuai kebutuhan. Histeroskopi juga dapat dilakukan untuk menentukan penyebab perdarahan abnormal dari rahim selama atau setelah menopause. Selain itu, alat tes kesuburan wanita di apotik ini juga mampu mendeteksi adanya fibroid, polip, atau malformasi rahim.  

  1. Laparoskopi 

 Selain ketiga langkah di atas, terdapat tes kesuburan rahim lainnya yang digunakan untuk mendeteksi kesuburan. Dalam prosedur ini, kamera kecil dimasukkan melalui sayatan kecil  di  perut.  Pada tes ini akan membantu memeriksa seluruh panggul untuk menemukan penyebab infertilitas, seperti endometriosis, kista ovarium, atau perlengketan yang disebabkan oleh adanya penyakit di  ovarium atau saluran tuba. Selain itu, laparoskopi dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit radang panggul.

Dokter umumnya merekomendasikan pengujian infertilitas untuk wanita yang ingin mendeteksi dan mengatasi penyebab infertilitas dan gangguan genital. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan dan menjalani berbagai tes kesuburan rahim agar program kehamilan bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *