mesin kopi yang sedang bekerja

Inilah 5 Langkah Mudah Menggunakan Mesin Pembuat Kopi Espresso dari Astoria

Salah satu peralatan penting yang banyak digunakan barista di kafe dalam membuat kopi yakni mesin espresso. Hal itulah yang akhirnya menjadikan mesin Espresso Astoria ini cukup diminati oleh pengguna khususnya para barista dalam meracik kopi espresso lezat ala kafe ternama. Meski demikian, tahukah Anda bagaimana cara mudah menggunakan mesin tersebut?

Lakukan pembersihan pada portafilter mesin

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika akan menggunakan mesin espresso terbaik dari Astoria yakni dengan membersihkan bagian portafilter terlebih dahulu. Ini sangat penting sekali dilakukan lantaran portafilter menjadi komponen paling utama dari mesin espresso. Sebab dengan komponen inilah yang nanti akan membantu memudahkan dalam proses mengalirkan air panas lebih cepat menuju ke ground coffee. Baru setelah itu akan mengalir melalui lubang akhir di portafilter ke dalam sebuah cup.

Menentukan takaran espresso yang akan disajikan / dose espresso

Selanjutnya, Anda perlu untuk menentukan takaran espresso atau sering dikenal dengan istilah dose espresso. Adapun takaran yang dimaksud ini nantinya yang akan menentukan seberapa banyak jumlah espresso yang akan disajikan oleh pengguna. Dalam tahapan takaran jumlah penyajian espresso ini dikatakan menjadi bagian terpenting untuk diperhatikan oleh para pengguna, khususnya bagi para barista. Sebab, langkah ini berhubungan erat dengan rasio perbandingan antara bubuk kopi dengan air yang digunakan untuk membuat espresso.

Melakukan teknik distribute espresso pada mesin Espresso Astoria

Umumnya, distribute espresso sendiri dikatakan sebagai salah satu teknik penting yang biasanya dilakukan untuk memastikan bahwa bubuk kopi yang sebelumnya sudah ditakar dapat menyebar dengan baik ke seluruh komponen portafilter. Dengan menggunakan teknik distribute espresso ini, maka nantinya tidak akan terjadi masalah adanya bubuk kopi yang padat sebagian serta dapat memastikan sendiri bahwa setiap kopi sudah menerima air seduhan dengan kecepatan dan tekanan yang sama ketika proses ekstraksi di dalam mesin espresso tersebut. 

Perhatikan proses tamping espresso

Ketika sudah berada di tahapan ini, maka pengguna atau bahkan barista perlu berhati – hati saat sudah melakukan proses tamping espresso. Ini dikarenakan proses tamping espresso merupakan hal krusial yang sangat penting dalam pembuatan espresso. Bahkan, dibutuhkan pengalaman seorang barista untuk dapat menentukan seberapa besar tekanan yang tepat untuk proses tamping bubuk kopi ke dalam portafilter. Disini, Anda perlu mengetahui bahwa semakin kuat tekanan yang diberikan saat proses tamping, maka air seduhan akan melambat ketika diekstraksi sehingga menjadikan bubuk kopi lebih padat begitupun sebaliknya.

Tahapan ekstraksi kopi

Di tahapan terakhir ini, kopi akan diekstraksi dengan waktu kira – kira selama 1 menit untuk dapat menghasilkan kopi espresso sesuai dengan takaran. Adapun dalam tahapan ekstraksi ini, Anda juga perlu memastikan bahwa espresso yang dibuat sudah memiliki krema yang mengartikan adanya cairan kopi berwarna kuning tua. Dimana, krema ini biasanya akan terlihat di atas atau tepi seperti buih. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda perhatikan baik – baik dalam menggunakan mesin pembuat kopi Espresso Astoria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *