Ilustrasi ecommerce

Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat dari Integrated Ecommerce Platform

Berbelanja secara online maupun memiliki toko online multi channel ecommerce platform di era di mana teknologi berkembang secara pesat bukanlah hal yang asing lagi. Untuk memudahkan pembelian, banyak orang yang akhirnya membuka toko secara online, tetapi perlu diketahui bahwa jika memiliki toko online akan lebih baik melakukan integrated ecommerce platform karena memiliki banyak keuntungan.

Pengertian E-Commerce yang Terintegrasi dan Cara Kerjanya

Pada dasarnya definisi dari e-commerce terintegrasi atau what is integrated ecommerce platform merupakan sebuah solusi yang menggunakan ERP sistem untuk menyokong pada website toko online pebisnis. Yang membedakan antara e-commerce yang telah terintegrasi dengan yang tidak adalah, jenis solusi e-commerce yang satu ini akan menghilangkan kebutuhan pada penghubung pihak ketiga untuk menghubungkan sistem ERP dengan e-commerce.

Kemudian, cara kerja dari integrated ecommerce platform adalah sebuah e-commerce yang telah terintegrasi akan terhubung secara langsung dengan sistem ERP tanpa perantara apapun. Dan kemudian, perangkat lunak dari e-commerce akan sebagian terinstall dalam sistem ERP milik sendiri, yang dapat menghindarkan jenis koneksi kompleks yang dibutuhkan oleh solusi lain yang diklaim telah terintegrasi.

Manfaat Terintegrasinya Platform E-Commerce pada Bisnis

Setelah memahami what is integrated ecommerce platform, perlu diketahui bahwa platform e-commerce yang terintegrasi akan memiliki banyak keuntungan bagi bisnis. Berikut ini adalah keuntungan dari integrated ecommerce platform yang paling terlihat:

  1. Mempersingkat Pengalaman Kostumer

Dengan mengintegrasikan seluruh solusi e-commerce pada bisnis dan kemudian menyinkronkannya dengn sistem logistic partner bisnis, customer pada usaha yang dijalankan akan lebih merasa nyaman pada proses pembelian mereka.

Sebab, saat ini kenyamanan merupakan pancingan paling besar dan jitu bagi para costumer dan bahkan pembeli bisnis, terutama adalah para milenial yang paham tentang teknologi dan sudah menganggap e-commerce sebagai tempat membeli yang mereka tuju tanpa disadari.

  1. Mengurangi Biaya Administrasi dan Tenaga Kerja

Dengan menyatukan platform e-commerce dengan sistem, tentunya bisa lebih mengurangi biaya operasional dari perusahaan. Selain itu, tidak hanya biaya saja, tetapi juga dapat mengurangi jumlah jam bekerja bagi pebisnis atau stafnya yang dilakukan untuk memasukkan informasi mengenai penjualan ke dalam beberapa sistem.

 Dengan terintegrasi dengan sistem, transfer data dapat dilakukan secara otomatis tanpa hambatan. Selain itu, juga dapat mengurangi biaya pengerjaan ulang yang biasanya dikeluarkan saat terjadi kesalahan saat entri data secara manual.

  1. Meningkatkan Customer Service dan Pelacakan Pesanan

Terintegrasinya e-commerce dengan sistem memungkinkan pelanggan untuk memperoleh informasi mengenai pesanan dari website perusahaan tanpa harus berlama-lama melakukan pengecekan ke website perusahaan logistik. Sedangkan dari segi pelacakan pesanan, adanya integrated ecommerce platform memudahkan pelanggan untuk melacak pesanan barang mereka secara real time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *