Ilustrasi sekolah

Perbedaan Sekolah Integrasi, Segregasi, dan Inklusi

Saat ini, jenis pendidikan berkarakter sudah banyak bermunculan demi membangun dunia pendidikan yang lebih baik lagi kedepannya. Banyak pula jenis sekolah smp favorit balikpapan yang memberikan banyak program demi mendapatkan output pelajar dengan kualitas yang terbaik.

Ada 3 jenis pendidikan yang kemudian di implementasikan dalam bentuk sekolah. Diantaranya adalah pendidikan segregasi, pendidikan integrasi, dan juga pendidikan inklusi. Kali ini, kita akan membahas sedikit lebih dalam mengenai ketiga jenis pendidikan tersebut beserta implementasi sekolahnya. Maka dari itu, untuk Anda yang penasaran. Simak informasi berikut ini yaterkait smp favorit balikpapan!

Pendidikan Segregasi

Pendidikan segregasi merupakan suatu pendidikan yang biasanya diberikan kepada pelajar – pelajar dengan kebutuhan khusus dan harus terpisah dari sistem pendidikan pada umumnya.   Dalam menyelenggarakan sistem pendidikan ini, haruslah disiapkan sebuah program yang tentunya berbeda dibandingkan pendidikan pada umumnya.

Implementasi pendidikan segregasi ini biasanya diwujudkan dengan adanya sekolah luar biasa. Dimana sekolah luar biasa ( SLB ) ini memiliki banyak jenis disesuaikan akan kebutuhan pihak – pihak yang membutuhkan. Misalnya untuk SLBA merupakan sekolah dikhususkan untuk para penderita tuna netra, kemudian SLBB untuk anak tunarungu, SLBC untuk anak tunagrahita, BLD untuk anak tunadaksa, SLBE untuk anak tunalaras, dan lain sebagainya. SLB sendiri juga sebenarnya memiliki jenjang yang sama dengan sekolah pada umumnya. Misalnya TKLB, SDLB, SMPLB, serta SMALB.

Pendidikan Integrasi

Selanjutnya adalah pendidikan integrasi. Pendidikan integrasi ini bisa juga dimaksudkan atas kebutuhan anak yang memiliki kebutuhan khusus untuk bisa sekolah di sekolah regular. Dimana, pendidikan integrasi ini nantinya akan diimplementasikan ke dalam sekolah integrasi. Dengan sekolah integrasi ini, diharapkan seseorang bisa berbaur dengan keberagaman yang ada, meskipun hakikatnya, pada tiap – tiap orang tentunya memiliki perbedaan kebutuhannya masing – masing. Pada sekolah integrasi biasanya sekolah – sekolah memiliki beberapa program khusus yang mana secara tidak langsung mendorong para siswa untuk bisa berinteraksi dengan normal.

Pendidikan Inklusi

Terakhir, jenis pendidikan yang akan saya bahas adalah jenis pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi ini merupakan sebuah sekolah reguler yang mana dalam koordinasi dan pengintegrasiannya, siswa reguler dan juga siswa yang memiliki kebutuhan khusus sama sekali tidak dibedakan. Hal ini dilakukan demi kesejahteraan siswa dan dapat merealisasikan adanya perubahan keyakinan masyarakat yang terkandung dimana nantinya mampu menjadi bagian dari keseluruhan. Nah dengan seperti ini, anak – anak dengan kebutuhan khusus tentunya akan lebih mereda dihargai dan memiliki kepercayaan diri yang lebih. Sehingga meminimalkan adanya perasaan minder yang berlebihan.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai pendidikan atau sekolah dengan sistem segregasi, sekolah integrasi, dan sekolah inklusi. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda dalam mengetahui informasi mengenai jenis program sekolah smp favorit balikpapan berkarakter di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *