ilustrasi mesin kopi

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Commercial Espresso Machine

Menikmati secangkir kopi sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi bagi Anda para pecinta kopi. Selama tidak berlebihan di dalam mengkonsumsinya, maka minum kopi mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan. Salah satu kopi yang diminati adalah espresso. Sehingga sekarang banyak yang mempunyai commercial espresso machine agar bisa membuatnya sendiri.

Apa Itu Commercial Espresso Machine?

Mesin ini merupakan alat yang digunakan untuk membuat kopi espresso. Cara kerja, jenis, merk, bentuk, dan juga harganya bisa bervariasi. Untuk jenis yang commercial machine ini sendiri terdapat variasi jenis, yaitu jenis yang total manual, manual, full otomatis, dan juga bisa semi otomatis.

Sedangkan jenis dari mesin pembuat kopi espresso yang semi otomatis mempunyai dua tipe, yaitu tipe programmable doses, yaitu dapat secara otomatis berhenti ketika sudah mencapai jumlah dari ukuran kopi yang telah Anda atur sebelumnya. Sedangkan yang kedua adalah tipe manual control, yaitu harus Anda matikan terlebih dahulu setelah kopi dimasukkan dan tunggulah proses ekstrasinya selama 30 detik.

Untuk jenis commercial espresso machine yang full otomatis tentunya lebih praktis lagi dan dapat mempermudahkan Anda. Terdapat yang berfokus pada jumlah atau volume dan biasa disebut dengan mesin espresso volumetric. Mesin ini adalah seperti mesin bean to cup, umumnya dipakai di beberapa kedai kopi yang mempunyai jumlah pengunjung dengan intensitas tinggi. Hal itu dikarenakan mesin ini dapat menghasilkan kopi dengan jumlah banyak secara sekaligus atau langsung dengan mencakup seluruh proses dari tahapan dan tentunya hasilnya juga konsisten di dalam sekali tombolnya Anda sentuh.

Selain tipe tersebut, terdapat pula tipe yang profesional dan tentunya harus memerlukan penanganan dari barista pada setiap tahapan prosesnya. Hal tersebut dikarenakan untuk tetap fokus kepada kualitas yang tinggi dari sajian kopi espresso. 

Bahan Commercial Espresso Machine

Bahan yang digunakan ada yang dikombinasikan dengan bahan yang terbuat dari kaca. Mesin pembuat kopi espresso tersebut telah dirancang dengan memaksimalkan hasil dari seduhan bubuk yang dihasilkan dari biji kopi sehingga nantinya akan didapatkan rasa dan juga kualitas aroma yang optimal. Selain itu juga supaya bisa menjaga kualitasnya karena telah diproses dengan sangat baik.

Mesin pembuat kopi espresso tentunya sangat memengaruhi dan juga menentukan hasil dari seduhan kopi yang Anda sajikan. Intinya adalah mesin ini diperlukan agar bisa mendapatkan sajian kopi yang mempunyai rasa dan juga aroma optimal. 

Bahkan dari proses penguapan airnya sendiri sudah dirancang supaya airnya cepat mendidih pada suhu yang optimal untuk menyeduh kopi. Kemudian juga berada di bawah tekanan yang tinggi. Alat ini sendiri nantinya akan bekerja dengan cepat ketika menyeduh, memproses biji kopi yang telah diseduh, digiling, dan juga diekstraksi dengan semburan air panas yang optimal.

Itulah sedikit informasi terkait dengan gambaran dari commercial espresso machine yang perlu Anda ketahui. Semoga Anda tidak salah mengartikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *