Ilustrasi lahan untuk survey lidar

Jenis Layanan yang Disediakan Jasa Survey Lidar

Banyak orang yang membutuhkan tenaga dalam bidang pemetaan menjadikan banyak pihak yang membuka jasa survey lidar. Metode lidar sendiri bisa diterapkan untuk berbagai kebutuhan pemetaan. Hal ini membuat penyedia jasa tidak hanya menyediakan satu layanan saja tapi beberapa layanan sekaligus. 4 layanan di bawah ini adalah yang wajib disediakan oleh penyedia jasa. 

  1. Jasa Pemetaan Wilayah 

Layanan jasa survey lidar yang pertama adalah jasa pemetaan wilayah. Bisa dibilang, layanan ini yang paling banyak dicari. Melalui layanan ini, klien bisa memiliki pemetaan lokasi yang jauh lebih akurat. Karena dilakukan dengan pengambilan foto atau video dari udara. Laporan yang diberikan akan diberikan dalam format HD.

Hal ini menjadikan pemetaan menjadi lebih jelas, lebih mudah dibaca, dan lebih realistis. Metode Lidar juga menjadikan posisi dan jarak dari poin ke poin menjadi lebih jelas.  Bahkan bisa dibuat juga pemetaan dalam representasi 3D terhadap wilayah tersebut. 

  1. Jasa Inspeksi Bangunan

Layanan selanjutnya adalah jasa inspeksi bangunan. Metode pemetaan lidar bisa diterapkan terhadap bangunan. Hasil yang diberikan juga akan lebih jelas karena metode lidar dapat memberikan gambaran dengan representasi 3D dari target bangunan. Hal ini menjadikan rangka dan kondisi bangunan bisa terlihat lebih jelas oleh klien dan mudah dikenali. 

Layanan ini bisa membantu pihak klien untuk memastikan apakah bangunan yang berdiri sesuai dengan rancangan yang disetujui sebelumnya. Selain itu, pemetaan ini berguna juga untuk mendeteksi kekurangan dan kerusakan serta tingkat keamanan pada bangunan tersebut. Survey ini juga bisa membantu klien untuk menentukan tingkat resiko dari penggunaan bangunan.

  1. Jasa Inspeksi Jalur Pipa

Jasa survey lidar juga bisa digunakan dalam jasa inspeksi pipa. Pemasangan jalur pipa biasanya digunakan untuk penyaluran berbagai material yang diperlukan. Tidak hanya sekedar air atau listrik, namun juga medium lainnya seperti energi panas dan lain-lain. Hal ini yang menjadikan pemetaan pada jalur pipa menjadi salah satu hal yang paling penting. 

Pemetaan jalur pipa dan pemeriksaan dengan metode lidar bisa membantu klien dalam menentukan rute pipa. Selain itu, untuk memantau kondisi pipa apakah masih layak atau tidak. 

  1. Jalur Inspeksi Titik Api 

Metode survey lidar juga bisa dimanfaatkan untuk inspeksi titik api di suatu area. Terutama di daerah seperti hutan yang sering mengalami kebakaran, maupun gunung berapi yang masih aktif. Pemetaan pada titik api perlu dilakukan sedini mungkin. Hal ini untuk dapat meningkatkan sistem tanggap bencana yang ada di arena tersebut. 

Mulai dari pemberian peringatan pada warga, sampai pencegahan agar titik api menyebar. Lahan yang memang memiliki resiko tinggi untuk terbakar membutuhkan pemetaan sejenis ini. 

Itulah beberapa jenis layanan yang disediakan oleh penyedia jasa survey lidar. Sebenarnya masih banyak layanan lain yang bisa dilakukan dengan metode lidar. Namun, jenis-jenis layanan di atas terbilang cukup penting untuk disediakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *