memilih sekolah internasional yang tepat sesuai kebutuhan anak

Berminat Menyekolahkan Anak Anda di Sekolah Internasional? Ketahui Perbedaan Antara Kurikulum BI dan Cambridge!

Dua kurikulum internasional yang banyak digunakan di sekolah internasional Indonesia adalah kurikulum BI dan Cambridge. Saat ingin menyekolahkan anak anda di sekolah internasional, tentunya anda harus mengetahui perbedaan dari dua kurikulum tersebut. Simak informasi dibawah ini agar anda bisa memilih apakah sekolah kurikulum Cambridge atau BI yang sesuai dengan kebutuhan anak anda.

Sejarah Kurikulum BI dan Cambridge

Kurikulum BI dan Cambridge banyak digunakan di sekolah internasional Indonesia. Perlu anda ketahui bahwa keduanya dirumuskan secara berbeda loh. Kurikulum BI atau International Baccalaureate merupakan kurikulum yang dihasilkan dari sebuah konferensi yang membahas mengenai sistem pendidikan. Kurikulum ini resmi mulai digunakan pertama kali di Jenewa, Swiss pada tahun 1962. Sedangkan, kurikulum Cambridge merupakan kurikulum yang dikeluarkan oleh University of Cambridge di Inggris dan pertama kali digunakan pada tahun 1858.

Perbedaan Kurikulum BI dan Cambridge

    Berikut ini beberapa perbedaan dari kurikulum International Baccalaureate dan Cambridge:

  1. Tujuan kurikulum

Kedua kurikulum ini memiliki tujuan yang berbeda. BI memiliki tujuan untuk mendorong siswa memiliki wawasan global, kecerdasan emosional, kemampuan sosial, serta kreativitas sesuai dengan ketertarikan masing-masing siswa. Sedangkan tujuan dari sekolah kurikulum Cambridge adalah mendorong siswa agar fasih berbahasa inggris dan bisa bersaing di dunia global setelah lulus dari jenjang sekolah Cambridge.

  1. Jenjang pendidikan

Sekolah kurikulum IB memiliki tiga jenjang pendidikan yaitu, Primary Years Programme (PYP), Middle Years Programme (MYP) dan Diploma Program. Sedangkan sekolah kurikulum Cambridge memiliki empat jenjang pendidikan yaitu, Cambridge Primary, Cambridge Lower Secondary, Cambridge Upper Secondary, Cambridge Advanced.

  1. Aktivitas dalam pembelajaran

Sekolah kurikulum Cambridge lebih berfokus pada ujian serta hasil akademis sehingga siswa harus mendalami bidang sesuai dengan minat dan bakat secara mendalam. Sedangkan, di sekolah kurikulum BI siswa akan lebih banyak melakukan observasi dan praktek lapangan bukan belajar secara textbook.

Setelah mengetahui perbedaan mengenai sekolah kurikulum Cambridge dan BI anda sebagai orang tua tentunya akan lebih mudah dalam menentukan kemana harus menyekolahkan anak anda. Pilihlah kurikulum yang anda anggap paling sesuai dengan kebutuhan serta tujuan masa depan anak anda agar output yang didapatkan juga lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *